Navigation Menu

Cara Sablon Kaos Manual


Sablon kaos merupakan salah satu kebutuhan di jaman milenial ini. Banyak orang yang senang menggunakan kaos yang berlogo atau berdesain khusus, sebagai tanda bahwa anda berkontribusi dalam sebuah lembaga ataupun sebuah organisasi. Selain itu, anda yang senang menggunakan kaos sablon karena juga nyaman dengan bahan kaos yang digunakan.


Cara Sablon Kaos Manual
Nah kesempatan ini terus dimanfaatkan oleh banyak orang seperti para desain grafis yang bisa membuat desain khusus untuk kaos tersebut. Dengan usaha sablon ini bahkan anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dan terus menerus.  

Membuka Usaha Sablon

Khusus untuk anda yang belum tahu atau mungkin masih awam di bidang sablon khususnya sablon manual anda bisa menggunakan teknik yang sederhana saja. Jika terlalu rumit yang ada bahan anda habis dengan trial and error yang ujungnya akan merugi. Selain itu anda yang baru belajar akan sulit mengaplikasikan cara sablon jika sudah menggunakan mesin, nah dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana melakukan sablon kaos manual sesuai yang anda inginkan.

Tahapan Sablon Manual

  • Siapkan desain serta media atau kaos polos yang akan dijadikan bahan untuk melakukan sablon.
  • Gunakan desain terbaik sesuai keinginan klien anda serta kaos yang juga berkualitas untuk sablon manual biasanya tidak harus menggunakan kaos tertentu yang merepotkan
  • Setelah itu siapkan peralatan sablon kaos manual, diantaranya adalah tinta khusus sablon atau textile, tripleks yang bagus atau bukan bekas, kaca, stencil atau biasa disebu afdruk, dan juga bahan lain yang mendukung proses sablon. Jangan lupa siapkan meja kerja
  • Jika anda benar-benar pemula gunakan dulu desain yang sederhana sehingga anda bisa mencetak sesuai dengan desain.
  • Selanjutnya adalah membuat film atau klise sablon yang bagus dan pastikan hasilnya bagus
  • Setelah selesai anda bisa mengolah menjadi film maupun klise sablon dengan proses stencil ataupun afdruk. Afdruk merupakan pemindahan gambar yang tercetak di sablon yang biasa disebut screen dan proses ini dinamakan afdruk
  • Gunakan rakel untuk menekan proses pencetakan agar hasilnya bagus serta sempurna
  • Alat penyemprot air untuk membersihkan sisa tinta yang ada jangan sampai kering di kaos sehingga kaos yang digunakan untuk sablon menjadi kotor.
  • Setelah selesai sablon anda bisa menggunakan matahari atau angin biasa untuk mengeringkan cetakan.
Proses manual banyak dipilih para pemula sablon kaos karena harganya yang murah dan peralatannya yang juga mudah didapatkan. Anda yang baru mulai usaha tentu tidak ingin keluar uang terlalu banyak kan ? anda ingin membuka usaha dan melihat peluang terlebih dahulu. Apalagi usaha ini bergantung sekali pada keahlian anda atau pada skill anda dalam mencetak dan membuat desain.

Selain itu kaos sablon dengan sistem manual memang tidak mudah karena membutuhkan ketelitian serta kerapihan dalam bekerja. Namun hal tersbeut menjadi salah satu kunci bagi apra tukang sablon untuk terbiasa dalam mencetak desain dan melakukan sablon. Jika anda terbiasa menggunakan teknik yang dari mesin maka anda tidak akan bisa mencetak secara manual jika memang membutuhkan desain yang bisa dilakukan dengan sistem manual saja. Selain itu mesin untuk cetak kaos sablon sangat mahal, biasanya para pengusaha muda atau pemula belum mau membeli mesin seperti itu. Itulah deretan cara bagaimana melakukan sablon secara manual dengan bagus dan rapih.

0 komentar:

IBX58B3EF2B4C738